indahnya BALI :)

Assalamualaiku :D
perkenalkan nama saya ariza rachma dan saya biasa dipanggil icca :)
Bali :) , mungkin nama itu sudah tidak asing lagi buat warga Indonesia . yah ! mungkin karena keeksotisan alamnya yang menawarkan berbagai pengalaman yang menarik .
Bali adalah pulau kramat yang penuh dengan populasi turis asing dari berbagai mancanegara . Dan kramatnya ituloh yang bikin Bali menjadi pulau yang menyimpan sejuta crita mistis yang patut untuk di dengar .

eitts ! tapi jangan keburu takut dulu ya :) .
kembali ke pokok permasalahan :). pada tanggal 26 februari 2010 dan tepatnya hari kamis seluruh siswa kelas 9 melakukan study tour dengan tujuan pulau Bali .
hari itu adalah hari yang paling kami nanti-nantikan . Dengan persiapan yang cukup matang kami para warga spentigda berangkat dengan 7 bis yang bertuliskan "Pahala Kencara" walau ada satu bis yang katanya yudin AC nya paling dingin bertuliskan "Nirwana" tapi itu masih satu krabat ma pahala kencana .

hati yang ndeng-ndeng ser kami menunggu bis datang . Ada bebe rapa murid yang melakukan pengecekan barang bawaan , berpamitan dengan ortu mereka masing-masing dan ada pula yang berfoto ria . cotohnya saja NS atau Nakula Sadewa .

Tapi pestisida belum melakukan sesi pemotretan karena kami tahu bahwa masih banyak orang tua murid yang berada di sekolah . jalanan spentigda menjadi macet enggak karuan gara-gara mobil pengantar yang sedang parkir .

kami semua tentunya menggunakan baju yang kami anggap paling keren agar kami nampak beda di hari yang sudah 3 tahun kami tunggu-tunggu .
tidak ada raut wajah sedih yang terlihat di wajah kami , semuanya senang :D .

sekitar pukul 07.48 bis mulai berdatangan . berjejerlah semua bia dengan teratur . kami mulai masuk ke dalam bis dan memilih tempat duduk dengan ketentuan laki-laki di belakang dan perempuan didepan :) .

kondisi bis kami lumayan terawat , Ac dingin ,1 buah televisi dan seperangkat alat karaoke , tempat duduk lebar , toilet wangi . setelah mengatur barang dan tempat duduk kami mulai berangkat dan tak lupa berdoa .

aku menempati bis 1 dengan teman-teman satu kelasku yaitu "PESTISIDA" yah kalau menyebut nama itu rasanya seharian aku bisa tertawa :D . singkat kata Pestisida adalah kepanjangan dari persatuan Sembilan satu itu indah yang di ketuai oleh Faradigma bagus atau Pamand. Pestisida adalah keluarga keduaku :) . kami adalah kelas yang cukup kompak dalam melakukan apapun contohnya saja dalam hal berpose atau melakukan pemotretan tak jarang kami selalu menunjukan kenarsisan kami.

contohnya saja pada saat akan dimulainya Try out sekolah dengan pose yang paling narsis kami berfoto :

Next , kota pertama yang kami lewati adalah Pasuruan sekitar 2 jam kami sudah meninggalkan kota Pasuruan dan berlanjut kekota selanjutnya (maaf saya lupa nama kotanya) . ternyata perjalanan kami menuju Bali tidak semudah yang kami kira . ada saja problem yang kami hadapi misalnya ada salah satu bis dari robongan kami yang AC nya mati , ban bocor dan kami harus menunggu bis tersebut . mungkin jika dihitung ada 15 kali kami berhenti dan kepansan . sekitar pukul 11.00 kami sampai di rumah makan di Banyuwangi untuk menikmati makan siang . selanjutnya kami berhenti di sebuah masjid untuk beribadah . Tak lupa kami berdoa agar perjalanan kami menjadi lancar .

sekitar pukul 15.00 kami sampai di pelabuhan ketapang Banyuwangi . wow seakan kami tidak percayabahwa sebentarlagi kami akan menyeberangi selat bali . Di pelabuhan ketanpang tak lupa kami mengambil gambar . dengan pose paling narsis kami berfoto menggunakan kamera Dita .

Sampailah kami di kapal Ferry dengan cat berwarna putih dan sedikit berkarat . aku memilih duduk paling depan yah tujuannya tak lain agar bias melihat anak koin dengan jelas :) . dengan bermodal kenekatan mereka mengambil koin yang kami lempar . Kaget itulah ekspresi ku . wah kog berani yah ? dan itula pertanyaan kami semua .

Angin di selat bali cukup dingin dan awanpun lama kelamaan menjadi mendung . berfoto itulah yang kami lakukan sepanjang perjalanan sambil sesekali menikmati pemandangan yang subhanallah ! luar biasa indahnya !

. satu jam kemudian kami sampai di pulau tujuan kami Bali :) . tapi jangan kira perjalanan sudah selesai , belum kami harus menunggu hingga 5 jam perjalanan . capek itulah yang kami rasakan seakan seluruh tulang-tulang kami ingin remuk karena seharian menghabiskan waktu di bis .

Pukul 11.00 kami sampai di hotel “Mahajaya” hotel yang pelayanannya sempat membuat aku menangis , karena sebagian dari murid putrid tidak kebagian kamar yang layak . melalui perjuangan yang keras dan perdebatan antara Mrs. Bekti dan beberapa anak laki-laki akhirnya keluarlah keputusan bahwa kamilah yang berhak atas kamar anak laki-laki dan mereka harus pindah . aku sangat berterima kasih pada semua anak laki-laki yang mau merelakan kamar mereka untuk kami . masuk kamar , mandi , dan langsung tidur .

Pagi hari sekitar pukul 06.30 antrian panjang di restoran hotel mulai terlihat . di Bali memangkami belajar untuk bersabar dalam melakukan apapun contohnya makan ya harus antri , minum ya harus antri , dan mau apapun juga harus antri yah gag papalah melatih kesabaran .

Hari ini tujuan wisata pertama kami adalah karang kurnia yaitu tempat pusat oleh-oleh khas Bali yang di jamin murah oleh tour gaied kami . dengan cekatan kami mulai memilih barang apa saja yang kami beli dan oleh-oleh mulai dari kaos untuk ayah , daster untuk ibu , jump suit untuk adek , dan macam-macam gantungan kunci serta tas . wah pokoknya menghabiskan duit deh :) .setelah itu kami berangkat menuju pusat jajan Bali yaitu Mahadewi yang juga di jamin oleh tour guide kami murah meriah .

Puas berbelanja dan kami melanjutkan perjalanan menuju tari Barong . wow ! itulah kata yang patut aku ucapkan karena biasa aku melihat tari Bali di televisi dan saat ini aku melihatnya secara live alias langsung . dengan memilih bangku paling depan aku memperhatikan gerakan penari Bali itu . diadakanlah sesi foto bareng seluruh penari Bali sayangnya aku tak ikut karena antriannya panjang banget . tapi itu semua tag mengurangi kekecewaanku karena aku masih bisa berfoto dengan sahabatku arini di tempat tari barong .

1 jam kemudian kami sampai di pantai Tanjung Benoa dan mulai membeli tiket untuk berkunjung ke pulau penyu . terik di pantai Tanjung Benoa sangat menyengat sehingga terasa membakar permukaan kulit kami . dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit memakai speed boat kami disuguhi pemandangan bawah laut yang cukup menarik walaupun agak sedikit tak Nampak . sesekali cipratan air mengenai baju kami dan membasahi sebagian muka kami .

Sampai di pulau penyu tak segampang itu , kami harus menjinjing celana dan sandal kami karena speedboat tak bisa masuk area pantai , dengan terik matahari yang cukup panas kami berjalan perlahan-lahan agar tak terjatuh . di pulau penyu tak hanya penyu yang kami lihat tetapi juga ada ular , burung , dan bunglon . Di sana kami bisa tau bagaimana cara melestarikan penyu yang sekarang ini sudah mulai punah . setelah puas menikmati keindahan pulau penyu kami kembali ke speed boad dan segera berganti baju menjadi seragam sekolah .

Yah , mungkin aneh rasanya jika liburan masih mengingat sekolah . Inikah yang dinamakan liburan ? tapi itulah tujuan kami ke Bali yaitu menyelesaikan tugas wawancara dengan turis asing untuk melatih kemampuan berbicara bahasa inggris kami . Mungkin didalam wawancara itu kami bisa bertukar cerita dan kebudayaan dengan para turis di pantai Kuta . Harus kami akui bahwa perjalanan ke pantai Kuta adalah perjalanan terberat dalam hidupku (lebay) . untuk menuju pantai Kuta kami harus menaiki “komotra” sejenis kereta kelinci kalau di sidoarjo . Jangan pernah bayangkan di sini kita akan di prlakukan seperti manusia dan kita akan mendapat pelayanan yang bagus . bayangkan saja dalam satu bis yang berisi sekitar 40 orang dan ke 44 orang itu di masukan dalam satu kereta kelinci yang mungkin hanya muat oleh 15 manusia normal . oh My god ! gila perjalanan kami tak sampai di situ saja kami harus berjalan kurang lebih 700 m untuk mencapai pantai Kuta . melewati satu per satu toko yang dipenuhi oleh turis asing dan tak jarang ada sebagian orang-orang Bali yang meledek kami . huh malu rasanya ! . sampai di pantai Kuta tak punya banyak waktu langsung kami wawancarai turis” yang ada disana tak jarang kami menerima penolakan dari turis” mungkin karena kami terlihat sangat kumus-kumus hehehe.

Tak sempat menikmati sunset kami harus langsung pulang dan anda tau kami menaiki apa ? yay KOMOTRA kendaraan yang membuat saya harus jongkok sambil jinjit dan membuat sebagian teman saya mabuk dan menangis , bayangkan saja kami harus berebut komotra dengan tulis lainnya . kalau saya boleh saran kepada pemerintah Bali mohon komotra menuju Kuta lebih di perbanyak :) . molornya jadwal kami membuat kami tidak bisa menyaksikan indahnya lampu-lampu di Garuda Wisnu Kencana (GWK) huh sedih sih tapi mau apa lagi mungkin belum rejeki .

Next , tujuan berikutnya adalah makan malam dan Talk Show . pada saat Talk Show banyak sekali warga spentigda yang tidak mengikuti termasuk saya . maklumlah kami sangat capek dan tidak bertenaga lagi untuk mengikuti jalannya Talk Show yang kurang lebih 1 jam . maaf beribu maaf buat panitia Talk Show . Alhamdulillah Talk Show berjalan baik walau tak seberapa meriah . after this , kami meluncur ke hotel untuk beristirahat walaupun cuma tidur sekitar 3 jam setelah di potong mandi , sholat , dan berkemas . yah malam itu adalah malam terakhir kami di Bali .

Next day , kami berkemas dari hotel untuk menuju ke Sidoarjo . tapi sebelum kami pulang kami masih harus melesaikan tour-tour ke tempat yang menarik di Bali .
Tujuan pertama hari ini adalah GWK yang seharusnya kemarin sore kami kunjungi . GWK atau Garuda Wisnu Kencana adalah taman yang disana terdapat patung terbesar di dunia yaitu patung Garuda Wisnu Kencana yang sampai sekarang pembangunannya belum selesai karena terhalang oleh masalah dana . diperkirakan patung ini akan selesai 100 tahun lagi . waduhh lama banget ? . tapi sayangnya hujan mengurungkan niat kami untuk mengelilingi GWK sehingga kami harus berteduh dan tak bisa berfoto dengan nyaman .

Next destination is PASAR SENI SUKAWATI , hahaha tempat ini yang kami tunggu” :) . pusat penjualan barang seni di Bali dengan harga yang murah bagi mereka yang bisa menawar . banyak sekali yang di jual di sukawati semua barang seni yang simple sampai yang rumit .

Tujuan selanjutnya adalah BEDUGUL . bedugul adalah danau yang sangat indah pemandangannya . disana kami hanya singgah sekitar 1 jam dan hanya untuk makan siang . kecewa rasanya tidak bisa berfoto disana karena waktu seakan berjalan sangat cepat .

tapi semua itu terbayar ketika kami mengunjungi JOGER pabrik kata-kata unik di Bali :) . di sana menjual berbagai barang-barang unik seperti sandal, kaos , tas , topi dll yang tidak akan kami temui di kota lain .

tanpa panjang lebar bis kami langsung menuju TANAH LOT . tapi sayang hari sudah malam dan lagi-lagi kami tidak bisa menikmati indahnya sunset di Bali . kami juga mendapat musibah pada waktu menuju Tanah lot , kaca bis 7 salah satu rombongan bis kami pecah terkena ranting dan membuat semua penumpangnya trauma . suasana menjadi haru dan hening sepertinya kami telah diingatkan bahwa tidak baik terlalu bersenang-senang dan kami bersyukur bahwa kecelakaan ini tidak memakan korban jiwa . Walaupun kami sedih tapi kami harus tetap bersemangat karena Tenah lot adalah tempat dan tujuan terkhir kami sebelum meninggalkan Bali . Hembusan angin yang tenang dan suara ombak yang lembut menyambut kami yang baru saja datang . Tak lupa aku berfoto untuk mengabadikan moment terakhir ku di Bali .

Perjalanan di lanjutkan menuju Sidoarjo . Pertama kami melewati jalanan Bali yang penuh dengan tikungan tajam dan pepohonan yang ridang . sekitar 4-5 jam kami melewati hutan akhirnya kami sampai di pelabuhan Gilimanuk . rasanya terlalu singkat aku berada di Bali .

Kami sampai di SMPN 3 Sidoarjo pada pukul 07.30 , kami sangat bersyukur dapat pulang ke Sidoarjo dengan selamat . Terima Kasih Bali kamu telah memberikan sesuatu yang berharga kepada kami yaitu bagaiman kami harus mencintai budaya negeri sendiri dan kenangan Kami tentang Bali tidak akan pernah kami lupakan dan akan tetap teringat sampai kapanpun :) .